5 Jenis Hewan Paling Kecil di Dunia

Bookmark and Share
Hewan merupakan salah satu makhluk hidup yang hidup di seluruh belahan dunia. Mereka kerap menjadi salah satu indikasi bagi manusia tentang kondisi alam, cuaca dan ketersediaan makanan di tempat mereka hidup. Oleh karena itu, sudah sepantasnyalah manusia harus memiliki sinergi dan kasih sayang terhadap hewan yang ada, melestarikan hewan yang akan punah serta menjaga ekosistem lingkaran kehidupan mereka. Di samping hewan-hewan yang sudah sering kita lihat sehari-hari, ada pula hewan-hewan yang paling kecil di dunia yang mungkin jarang kita lihat. Hewan-hewan ini ada dan hidup dengan lingkungannya, bahkan diantara mereka ada yang masuk dalam Guiness Book Record Dunia.

Hewan Paling Kecil di Dunia

Hewan paling kecil tersebut berdasarkan jenis hewan yang memang tidak lazim ditemukan sehari-hari, namun mereka ternyata ada dan memang unik. Ada sebagian yang menyebut mereka lucu dan menggemaskan. Dirangkum dari berbagai sumber.

Pixel, kucing terkecil di dunia
Pixel, kucing terkecil di dunia.

1. Kucing paling kecil di dunia

Status kucing paling kecil di dunia saat ini dipegang oleh Pixel. Pixel ditetapkan sebagai kucing terkecil oleh Guiness Book of Records karena hanya memiliki tinggi 12,7 cm. Pemilik dari kucing tersebut yaitu Tiffani, sangat senang dengan kucing yang dimilikinya, apalagi kucing tersebut sangat menyenangkan dan menggemaskan.

2. Anjing paling kecil di dunia

Anjing paling kecil saat ini disandang oleh Milly. Milly adalah jenis anjing Chihuahua. Anjing bertubuh mungil dengan tinggi 9,6 cm atau 3,8 inchi tersebut dinobatkan oleh Guiness sebagai anjing paling kecil di dunia. Milly lahir pada bulan Desember 2011, pemiliknya adalah Vanessa Semler dari Argentina. Uniknya anjing ini diberi makan susu setiap 2 jam sekali melalui pipet. Sungguh perawatan yang memerlukan kesabaran.

3. Hamster paling kecil di dunia

Tahukah Anda apa jenis hamster paling kecil di dunia dan dimana mereka saat ini tinggal? Ya, hamster Roborovskis namanya, hamster tersebut ukurannya sekitar 4-5 cm saja. Bentuknya yang mirip peluru membuat dia dapat berjalan dengan cepat. Habitat hamster tersebut di sekitar gurun gobi dan Tiongkok utara. Namun, umur rata-rata hamster Roborovskis hanya sekitar 2-3 tahun saja.

4. Sapi paling kecil di dunia

Archie, itulah sapi paling kecil di dunia. Pemiliknya saat ini adalah Ryan Lavery. Pria ini membeli Archie saat berusia 5 Bulan. Archie masuk Guiness Book of Records karena memiliki tinggi 76 cm. Untuk ukuran sapi, dia termasuk sapi yang unik dan imut. Pemeliharaan Archie pun tidak sulit dan seperti sapi-sapi biasa. Bagaimana menurut Anda, sapi yang imut bukan?

5. Kadal paling kecil di dunia

Ukurannya hanya 16 milimeter, namun larinya sangat kencang. Itulah Sphaerodactylus Ariasae. Kadang paling kecil itu dapat tidur di atas uang logam. Jenis kadal ini diperkirakan hampir punah, karena kesulitannya mereka dalam menyesuaikan diri terhadap kondisi lingkungan saat ini.

Demikian 5 hewan paling kecil di dunia yang saat ini diketahui. Keunikan dari hewan-hewan tersebut adalah berbeda dengan hewan sejenis pada umumnya. Melestarikan dan menjaga lingkungan, termasuk hewan merupakan sarana kita mewariskan bumi dan isinya kepada generasi sesudah kita, sehingga mereka dapat melihat dan menyaksikan keunikan dan keindahan keanekaragaman hewan yang ada, betul?

Sumber :

{ 0 comments... Views All / Send Comment! }

Post a Comment